Gokil Maximal

Jalur-Jalur Unik di Dunia

Dunia ini penuh dengan keunikan yang jika dinalar, rasanya sangat mustahil untuk mempercayai semuanya itu. Tentunya keunikan yang dibuat oleh sebuah teknologi atau buatan tangan manusia kadang akan sangat mencengangkan. Salah satu yang cukup mencengangkan adalah teknologi dan keunikan di bidang transportasi. Dua diantaranya yang menurut saya sangat menarik adalah sungai diatas sungai yang ada di Jerman, dan juga jalan raya yang mirip roller coaster yang ada di Jepang. Apa sih keunikan dari kedua jalur transportasi itu? Yuk kita simak di kedua video dibawah ini.

1. Magdeburg Water Bridge

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=r3CwQ-5zX-M]

Video diatas akan menunjukkan keunikan yang mungkin hanya ada satu di dunia, yakni sungai diatas sungai. Mungkin kalau kita ada di Jakarta, menyaksikan jalan raya atau jalan tol diatas jalan yang lain, tentunya sudah hal yang biasa. Tetapi ini sungai, ya sungai diatas sungai yang pastinya unik dan tidak pernah ditemui. Namun, hal ini benar-benar terjadi di Jerman dan diberi nama Magdeburg Water Bridge. Sungai ini merupakan jembatan air yang bisa dilintasi oleh kapal-kapal besar. Bahkan, jembatan sungai ini adalah jembatan paling panjang di Jerman, dengan panjang mencapai 918 meter. Magdeburg Water Bridge sengaja dibuat dan berfungsi untuk mengangkut barang-barang dari daerah timur dan barat Jerman. Rute ini khusus untuk kapal komersial besar dari kanal Elbe-Havel ke Kanal Mittelland. Kapal yang melintas melalui jalur ini pun tidak perlu repot harus jalan memutar 12 kilometer jika menggunakan rute sungai Elbe. Tanpa jembatan ini, kapal-kapal dari Mittelland harus turun ke Sungai Elbe melalui Rotjensee boat lift, kemudian berlayar menuruni Sungai Elbe. Rendahnya tingkat air dari Sungai Elbe seringkali menghambat kapal berat melewati rute ini. Bukan hanya kapal yang melintas, namun aktivitas lainnya juga kerap dilakukan. Jembatan ini juga seringkali dikunjungi wisatawan lokal sekadar untuk melihat-lihat keluar masuknya kapal.

2. Eshima Ohashi

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=pwLDnn3iTXo]

Anda pasti pernah melihat atau bahkan menikmati wahana roller coaster yang memiliki jalur atau track yang mengerikan. Jika ada pernah merasakannya, pasti anda juga akan tercengang dengan jembatan ini, jembatan Eshima Ohashi. Jembatan yang juga merupakan jalan raya ini adalah jembatan yang paling curam dan mengerikan di dunia. Hal ini dikarenakan jembatan ini sangat tinggi sehingga turunannya pun sangat curam. Tak heran jika warga Jepang mengklaim jembatan ini paling mengerikan di dunia. Jembatan Eshima Ohashi adalah jembatan yang menghubungkan kota Matsue dan Sakaimoto, melintasi Danau Nakaumi di wilayah timur Jepang. Jembatan beton dua jalur sepanjang 1,7 kilometer ini dibangun sangat tinggi dengan tujuan agar kapal-kapal yang melintasi danau tidak tersangkut oleh jembatan. Akibat dibuat sangat tinggi dan di kedua pengujung jembatan terdapat tanjakan dan turunan sangat curam, jembatan ini dianggap lebih mirip roller coaster. Meski cukup “mengerikan”, ternyata jembatan di Jepang ini bukan yang tertinggi. Jembatan di Jepang ini hanya menempati peringkat ketiga di bawah Jembatan Millau Viaduct, Perancis, yang di titik tertingginya mencapai 270 meter atau lebih tinggi dari Menara Eiffel. Jembatan ini pun masih kalah tinggi dibanding jembatan Sungai Sidhue di Provinsi Hubei, China, yang “menggantung” pada ketinggian 460 meter di atas permukaan laut. Jembatan ini merupakan bagian dari sebuah jalur jalan pegunungan yang berbahaya yang disebut jalur Huyu G50. Seperti apa rasanya melewati jembatan curam ini? Jika anda berkunjung ke Jepang, anda bisa mencoba melewati jalur mengerikan ini.

Exit mobile version