Upacara Bendera di Perairan Umbul Ponggok Klaten

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=l0pqDRxuVyE]

Hari Perayaan dan Peringatan Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke 70 memang sudah lewat. Pada tanggal 17 Agustus yang lalu Bangsa Indonesia telah merayakan puncak acara peringatan Kemerdekaan Bangsa Indonesia dengan Upacara Bendera yang digelar di seluruh penjuru negeri, mulai dari lingkungan pemerintah, sekolah, instansi, komunitas, dan berbagai kelompok masyarakat. Begitu cintanya Bangsa ini kepada negeri ditunjukkan dengan kehikmatan perayaan yang digelar, ditengah berbagai isu negatif yang melanda negeri ini. Tidak hanya itu, perayaan yang sering disebut dan dikenal dengan 17an ini ternyata berragam dan tidak hanya dilakukan di tanggal 17 Agustus saja. Sejak seminggu sebelumnya sampai seminggu setelahnya, banyak acara yang digelar di berbagai penjuru  negeri. Mulai dari pentas seni, perlombaan, permainan, sampai dengan atraksi atau karnaval. Hebatnya, di momen ini, semua orang dari berbagai kalangan dan lintas usia ikut berpartisipasi dan membaur dengan komunitas. Dalam berbagai kegiatan yang digelar, rasa nasionalisme, gotong royong, dan kebersamaan antar warga semakin dipupuk agar kehidupan bermasyarakat kedepan dapat lebih baik lagi.

Kegiatan unik juga dilakukan di salah satu wahana wisata air di Klaten, Jawa Tengah. Nama wahana itu adalah Umbul Ponggok. Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata tirta yang cukup terkenal di Klaten. Aneka ikan warna-warni yang hidup di Umbul Ponggok dan dasar kolam yang indah menjadikannya sebagai lokasi favorit snorkeling. Tak hanya itu, Umbul Ponggok juga sering menjadi tempat latihan diving. Belakangan ini Umbul Ponggok memang menjadi salah satu destinasi yang sangat diminati oleh wisatawan. Tidak hanya para warga Klaten, warga kota dan daerah tetangga juga ikut terhanyut dalam kesegaran wisata Umbul Ponggok tersebut.

Dua tahun terakhir ini, Umbul Ponggok menyuguhkan sebuah agenda baru untuk merayakan Hari Kemerdekaan Negara Indonesia. Di dalam air, beberapa relawan yang profesional mengadakan upacara bendera. Bayangkan saja bagaimana upacara bendera dilaksanakan di dalam air, tentunya cukup menantang. Inspektur upacara yang didaulat untuk memimpin upacara bendera ini tidak main-main, tokoh masyarakat yang disegani di sana ternyata berpartisipasi. Bagaimana keunikan dan keseruan upacara bendera di Umbul Ponggok? Jika anda ingin terlibat, anda bisa datang tahun depan, karena agenda Upacara Bendera (dalam air) untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia akan dijadikan agenda tahunan.

Leave a Reply

*