“Desaku” dinyanyikan oleh Paduan Suara di Swiss

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=8aqVfp3LIoI&w=560&h=315]

Paduan Suara adalah sebuah komposisi seni yang luar biasa hebatnya. Sekumpulan orang yang memadukan suara menjadi sebuah kelompok yang sejalan inilah yang sering menghiasi panggung seni. Uniknya sebuah paduan suara adalah pemecahan suara yang kadang tidak semua orang yang bisa bernyanyi bisa melakukannya dengan mulus. Selain itu, paduan suara juga membutuhkan konsentrasi untuk tidak egois dalam bernyanyi. Dalam hal pemaduan suara, lagu-lagu yang sering dibawakan oleh paduan suara sangat berragam. Mulai dari lagu-lagu gereja, lagu klasis, pop, tradisional, sampai dengan komposisi unik lainnya yang kadang muncul di dalam game elektronik. Sungguh banyak sekali komposisi yang biasa mereka bawakan. Tentunya bukan hal yang mudah untuk bernyanyi di paduan suara, dan tidak semua orang bisa melakukannya.

Tahun 2013 lalu, ada yang tak biasa di gereja desa Roemerswil, Lucerne, Swiss Tengah. Jika biasanya paduan suara gereja tua itu mengumandangkan lagu tentang kebesaran Tuhan, saat itu paduan suara tersebut menyanyikan lagu yang asing dan lain. Sungguh indah, mereka menyanyikan lagu Indonesia, berjudul “Dalam Perjalanan” dan “Desaku”. Meski melodinya sama sekali tidak dikenal oleh penduduk sana, tapi 30-an orang paduan suara Roemerswil dan Hohenrain itu bernyanyi dalam bahasa Indonesia. Menariknya, mereka bernyanyi sama sekali tidak menggunakan teks, sudah layaknya seperti sekelompok orang Indonesia yang menyanyikan lagu pujaannya di luar kepala. Jika anda sedang berada di luar negeri untuk studi ataupun sudah menetap lama, dan mendengarkan video ini, pasti ingatan anda akan langsung terbang jauh ribuan kilometer ke Tanah Air.

Musik Indonesia, tidak terkecuali instrumennya, kata pengurus paduan suara tersebut, cukup menawan. Hebatnya, setelah sukses mengumandangkan dua lagu Indonesia di Roemerswil, mereka berencana menggelar konser serupa di Desa Hohenrain dan ditambah dengan satu lagu Indonesia lagi, yakni “Pelangi Pelangi”. Coba deh dengarkan video tersebut, anda pasti akan semakin bangga memiliki Indonesia, terutama untuk lagu-lagu dan kesenian yang Indonesia miliki. Sampai yang tidak terjamah oleh kita sendiri, sudah dikenal dengan baik oleh bangsa lain.

Leave a Reply

*