Booming Kembali : “Indonesia Raya” versi Siswa di Australia

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=vxd6-yKjByo]

Indonesia tanah airku,
Tanah tumpah darahku,
Di sanalah aku berdiri,
Jadi pandu ibuku.

Indonesia kebangsaanku,
Bangsa dan tanah airku,
Marilah kita berseru,
Indonesia bersatu.

Hiduplah tanahku,
Hiduplah neg’riku,
Bangsaku, Rakyatku, semuanya,
Bangunlah jiwanya,
Bangunlah badannya,
Untuk Indonesia Raya.

Indonesia Raya,
Merdeka, merdeka,
Tanahku, neg’riku yang kucinta!
Indonesia Raya,
Merdeka, merdeka,
Hiduplah Indonesia Raya.

Itulah lagu Indonesia Raya, lagu kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang selalu dikumandangkan diberbagai kesempatan kenegaraan. Setiap upacara bendera misalnya, mulai dari upacara bendera bertaraf nasional sampai ke pelosok negeri, lagu ini selalu dikumandangkan dengan hikmat. Selain di upacara bendera, Indonesia Raya juga selalu dikumandangkan di semua kompetisi Internasional ketika kontingen atau peserta yang berasal dari Indonesia mendapat peringkat dalam kompetisi tersebut. Sungguh, sangat bangga ketika kita bisa mengumandangkan lagu ini dimanapun kaki kita berpijak.

Terlebih saat ini, ketika kita akan segera memperingati Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke 70 tahun, hanya tinggal beberapa hari saja. Kemeriahan sudah bermunculan dengan berbagai macam perlombaan dan acara yang menjunjung nilai nasionalisme di berbagai daerah di Indonesia. Dalam setiap kesempatan tersebut, lagu Indonesia Raya tak lupa untuk selalu dikumandangkan. Sungguh bangga, Bangsa Indonesia sudah berusia lebih dari setengah abad, dan tetap bersatu layaknya yang leluhur dan pejuang kita jaman dulu inginkan untuk Indonesia.

Berbicara tentang lagu Kebangsaan Indonesia Raya, ada yang unik dan mengagumkan tentang orang-orang yang menyanyikan lagu itu. Beberapa tahun yang lalu, siswa Marlborough Primary School di Melbourne bernyanyi lagu Indonesia Raya dengan sangat fasih. Melalui video diatas, kita bisa melihat bagaimana mereka menyanyikannya dengan sangat baik. Sungguh sangat mengagumkan. Hebatnya lagi, menjelang ulang tahun Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke 70 tahun ini, video yang sudah dibuat beberapa tahun yang lalu itu muncul kembali ke permukaan dan menjadi buah bibir di masyarakat. Mungkin, fenomena ini yang akan menguatkan persatuan bangsa Indonesia dan kecintaan warga Indonesia terhadap bangsanya sendiri. Dirgahayu Indonesia, Jayalah Selalu!

Leave a Reply

*