Memperjuangkan Hak Pejalan Kaki di Zebra Cross

Melewati lampu merah atau yang biasa disebut dengan bangjo tentunya membuat kita sebagai pengendara motor atau mobil harus waspada. Kecepatan kendaraan yang kita bawa tidak dapat memprediksi lampu apa yang menyala ketika kita sampai di traffic light tersebut. Ada yang masih mendapati lampu hijau, tapi ada juga yang tiba-tiba pas dapat lampu merah. Tidak jarang orang akan mengrem mendadak. Bahkan ada juga yang sengaja menginjak gas dan menekan laju kendaraannya sekencang mungkin karena tanggung untuk berhenti atau tidak. Fenomena ini kemungkinan pernah dialami oleh semua pengendara motor. Beberapa kali saya mengamati traffic light yang ada disekitar saya, pasti ada yang melanggar walaupun lampu sudah menyala berwarna merah.

Tepat tidak tepat, ketika lampu merah harusnya mau tidak mau pengendara kendaraan berhenti. Masalahnya, jika berhenti mendadak, ketakutan ditabrak pengendara kendaraan lain dari belakang pasti selalu muncul. Tetapi fakta lain, banyak pengendara yang berhenti di zebra cross, tempat pejalan kaki menyeberang. Bahkan, ada juga pengendara yang dengan sengaja dan tidak merasa bersalah, sengaja berhenti di zebra cross tersebut. Kadang hal itu sangat menjengkelkan pejalan kaki, karena area khusus untuk pejalan kaki menyeberang jalan dikuasai oleh pengendara kendaraan. Kejengkelan para pejalan kaki ditanggapi oleh sekelompok orang, yang dengan sengaja membuat video dokumenter tentang memperjuangan hak pejalan kaki di zebra cross. Video ini beberapa hari terakhir sempat booming disocial media. Berikut ini adalah videonya :

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=9qu3cf5pTAc&w=560&h=315]

Lucu, dan ikut jengkel. Mungkin hal tersebut yang sekilas kita rasakan ketika melihat video dokumenter tersebut. Bagaimana tidak? Para pengendara motor yang jelas-jelas melanggar hak pejalan kaki dengan berhenti di zebra cross malah ada yang berontak dan tidak mau tahu tentang hal tersebut. Yang lucu dari video berikut, sekelompok pemuda kreatif ini membuat pengendara motor jengkel tentunya. Ada yang bergaya seperti pendekar yang sedang berperang, ada juga yang sengaja menginjak jok belakang motor, dan memboncengnya dengan dalih untuk menyeberang. Kreatif juga sih, semoga bisa mengedukasi para pengendara motor yang lain, karena pejalan kaki yang ingin menyeberang jalan melalui zebra cross juga punya hak yang tidak boleh diganggu oleh pengendara motor. Jika ada pengendara yang seperti ini, anda mau mencoba cara ini?

Leave a Reply

*