Jiwa Nasionalisme pada Ospek Unik di Jember

Minggu ini masyarakat Indonesia banyak dihebohkan dengan berbagai macam pemberitaan Ospek atau Orientasi Sekolah untuk Mahasiswa atau Siswa baru. Orientasi yang terrangkum dalam Masa Orientasi Sekolah ini sudah menjadi salah satu agenda dan tradisi wajib dari setiap sekolah dalam menyambut siswa barunya. Selain menyambut, Masa Orientasi Sekolah juga digunakan sebagai masa untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa barunya. Dalam perkembangannya kita mengenal istilah OSPEK.

Bukan sesuatu yang asing lagi ketika kita mendengar istilah Ospek, apalagi di masa sekarang ini, ketika siswa-siswa baru saja mentas dari bangku sekolah dan akan masuk ke perguruan tinggi, atau sekolah yang jenjangnya lebih tinggi. Ospek yang merupakan singkatan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus adalah salah satu kegiatan yang membawa mahasiswa atau siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Selain itu, didalam ospek biasanya juga disisipkan pendidikan karakter mahasiswa untuk jenjang terkait, nasionalisme, hingga pengenalan aspek-aspek pendidikan yang akan dihadapi.

Banyak ospek yang mulai disoroti oleh publik, terutama ospek yang melakukan perploncoan dan pemberian tugas yang tidak wajar dan tidak sesuai dengan kaidah pendidikan. Apakah itu berguna? Kadang panitia ospek akan berdalih untuk membangun kreatifitas siswa baru, atau merangsang rasa kerjasama antar siswa atau mahasiswa baru. Banyak yang tidak terima dan tidak setuju akan ospek-ospek tersebut karena begitu sangat memberatkan siswa baru. Ospek lain yang disorot juga tentunya adalah ospek yang memiliki dampak sangat positif dan memiliki nilai yang tinggi yang baik untuk diterapkan. Misalnya adalah yang seperti dalam video berikut.

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=3-hbsInOBKA]

Nah, video diatas menunjukkan satu jenis ospek yang positif. Daripada siswa baru diminta menggunakan atribut yang aneh dan tidak ada manfaatnya, lebih baik siswa baru diwajibkan untuk menggunakan pakaian atau atribut kedaerahan. Dari penampilannya saja nilai positifnya sudah terlihat dengan jelas. Selain tidak merepotkan, siswa baru akan lebih mengenal tentang daerahnya, salah satunya melalui baju kedaerahan. Nah, adakah ospek unik yang lain di sekitar anda?

 

Leave a Reply

*